-- advertise --

Bawaslu Siapkan Data Objektif Hadapi Gugatan Pemilu 2019

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan berstatus sebagai pihak pemberi keterangan dalam sidang gugatan Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), 14 Juni mendatang. Khususnya, terkait gugatan dari kubu pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Kami (Bawaslu) akan menyampaikan keterangan dengan objektif. Kami tidak akan beropini, akan tetapi kami akan menyampaikan fakta-fakta yang telah kami miliki sesuai pengawasan kami,” kata Ketua Bawaslu, Abhan Misbah usai menghadiri diskusi “Buka bersama Media Massa’ di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa(28/05/2019).

Meski demikian, pihak Bawaslu menolak berspekulasi soal perbandingan data pelanggaran milik Bawaslu dengan bukti yang diajukan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Menurut Abhan, tidak menutup kemungkinan akan ada sejumlah data Bawaslu yang sama dengan yang diajukan kubu BPN.

Abhan mengungkapkan, Bawaslu memilih untuk mengikuti setiap proses yang ada di persidangan. “Kami belum bisa menilai apakah seluruhnya sama atau tidak. Tapi sekilas membaca ada yang sama,” demikian Abhan.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandiaga akhirnya melayangkan gugatan ke MK atas hasil Pemilu 2019. Khususnya hasil pemilihan presiden (Pilpres). BPN prabowo-Sandiaga secara tegas menolak hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lantaran menemukan sejumlah kecurangan.

MK akan memprioritaskan penyelesaian perkara Pemilu 2019 pada hasil Pilpres ini. Lembaga tersebut harus menyelesaikan perkara ini dalam waktu 14 hari kerja, terhitung sejak teregistrasi.

Sidang gugatan Pilpres pertama kali akan dimulai pada 14 Juni, sedangkan putusan gugatan sengketa ditentukan pada 28 Juni mendatang. Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi yang diketuai Bambang Widjajanto menyerahkan 51 bukti gugatan sengketa Pilpres 2019. Gugatan tersebut juga dilengkapi dengan tujuh tuntutan yang resmi teregistrasi pada Jumat (24/05/2019) lalu. [tsr]



Reporter  : Gomes Roberto   
Editor       : Tangguh Sipria Riang
Berita Terbaru lainnya