-- advertise --

Massa “Kepung” Bawaslu, Wakil Ketua BPN: Bukan Demo

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Jakarta – Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif mengaskan, pengerahan massa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (10/5) siang ini bukan aksi demonstrasi. Menurut Slamet, aksi dilakukan untuk mengawal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang melaporkan kecurangan Pemilu 2019 ke Bawaslu.

“Hari ini kan resmi BPN mau lapor (ke Bawaslu). Kita kawal bukan demo,” ujar Wakil Ketua BPN tersebut kepada wartawan.

Slamet juga membantah jika aksi yang digelar berbeda dengan agenda Kivlan Zen dan Eggi Sudjana. Khususnya terkait aksi kepung KPU dan Bawaslu yang juga digelar hari ini. “Pengawalan hari ini tidak ada hubungannya dengan aksi Eggi,” papar Slamet.

Meski berbeda, Slamet mengatakan mempersilakan massa arahan Eggi dan Kivlan untuk bergabung dalam pengawalan di depan gedung Bawaslu. “Kalau Eggi cs mau ikut kawal sebagai peserta ya monggo,” ujarnya.

Seperti diketahui, ajakan pengawalan tersebut diviralkan melalui sejumlah poster. Isinya, pengawalan akan dimulai dengan berkumpul di Masjid Istiqlal usai salat Jumat. Setelah itu, massa akan konvoi ke gedung Bawaslu.

Saat ini, massa telah berkumpul di depan gedung Bawaslu usai long march dari Masjid Istiqlal. Massa bergerak dari arah Jalan Lapangan Banteng Barat menuju Bawaslu sambil berselawat. Long march juga melibatkan massa yang mengendarai sepeda motor. Beberapa personel polisi tampak mengawal massa long march tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan telah menyiapkan 8.492 personel untuk mengamankan aksi tersebut. Personel yang disiagakan dilengkapi peralatan taktis untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Harry menambahkan, pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari massa.

Polisi mengimbau massa agar melakukan aksi dengan tertib dan damai. “Sudah disiapkan pengamanan, tempat itu kan objek vital,” demikian Kapolres. [tsr]



Reporter  : Gomes Roberto   
Editor       : Tangguh Sipria Riang
Berita Terbaru lainnya