-- advertise --

Butuh Modal Kampanye, Caleg Perindo Jadi Gembong Perampok di Bogor

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Bogor – Demi mewujudkan impian menjadi wakil rakyat, Supriyadi (36) nekat menjadi gembong perampok di wilayah hukum Bogor, Jawa Barat.

Apes, calon anggota legislatif (Caleg) DPRD daerah pemilihan (dapil) Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel) itu tertangkap aparat Polres Kabupaten Bogor, Jabar.

“Dari pengakuan pelaku, uang dari hasil mencuri bersama komplotannya digunakan untuk biaya kampanye,” kata Kapolres Bogor, AKBP AM Dicky, Selasa (26/3/2019).

Supriyadi ditangkap bersama empat rekannya, AM (32), NJ (42), HR (28), dan NA (31), 19 Februari lalu. Komplotan ini diduga terlibat kasus pencurian dengan pemberatan bermodus pecah kaca dan gembos ban.

Menurut Dicky, Supriyadi cs memiliki spesialis nasabah bank dan sudah beraksi di sejumlah kota besar. Modusnya, melakukan penggembosan ban kendaraan nasabah. Setelah itu, mereka mencuri uang yang ada di dalam mobil korban.

Mereka lebih dahulu memetakan objek vital seperti bank dan korbannya. Pelaku membuntuti korban sampai kemudian berhenti masuk ke daerah target lokasi yang sepi.

Seorang di antaranya berperan sebagai pemantau lokasi. Pelaku lain menggembosi ban mobil dengan kayu yang diruncingkan tajam dan sendal jepit hasil modifikasi mengunakan paku. Pelaku lain sebagai eksekutor di lokasi.

Dari tangan komplotan itu, polisi mengamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp 40 juta. Termasuk delapan unit HP berbagai macam merk, tiga busi motor, empat pack kartu perdana Axis, empat dompet, dua kunci sepeda motor, satu lembar STNK dan potongan payung.

Selain itu, barang bukti lain yaitu, satu unit sepeda motor Suzuki Satria FU, Honda Beat dan satu unit Honda Vario. Kepada polisi, kompolotan ini mengaku sudah 5 bulan beraksi bersama.

“Komplotan ini merupakan residivis antar provinsi. Sejauh ini, mereka beraksi di wilayah Palembang. Selain itu beroperasi di wilayah Bogor, Jakarta, Tangerang, termasuk di Bekasi,” papar Dicky.

Atas perbuatannya, para pelaku disangkakan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Sementara itu Ketua Partai Perindo Sumsel, Febuar Rahman, bersyukur Polres Bogor menangkap tersangka sebelum pencoblosan Pemilu 2019. Sebab, jika pemilu sudah digelar dan Supriyadi terpilih, justru akan semakin membuat malu citra Partai Perindo.

“Ini adalah oknum yang merusak nama baik lembaga. Yang pasti kita pecat secara tidak terhormat,” tegasnya.

Kabar penangkapan Supriyadi juga sudah diketahui KPU Lubuklinggau, Topindro. Menurutnya, tersangka terdaftar sebagai caleg Partai Perindo DPRD Kabupaten di daerah pemilihan Lubuklinggau Barat I dan Barat II.

Meski demikian, dia tidak bisa memutuskan status Supriyadi dari daftar calon tetap atau DCT. Apalagi surat suara telah dicetak dan tinggal menunggu pencoblosan yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi.

“Kami masih menunggu dari Perindo dan surat resmi Polres Bogor. Apalagi status hukumnya kan belum inkracht. Jadi untuk status di DCT itu masih tetap, tidak bisa dibatalkan karena surat suara sudah dicetak,” ujarnya. [tsr]



Reporter  : Gomes Roberto   
Editor       : Tangguh Sipria Riang
Berita Terbaru lainnya