-- advertise --

Sistem IT Kerap Diretas, Ketua KPU: Semoga Para Hacker Sadar

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Jakarta – Ketua KPU RI Arief Budiman menjamin sistem IT milik lembaganya, aman terkendali dari peretas (hacker). Bahkan, KPU telah bekerjasama dengan berbagai lembaga untuk membentengi sistem yang dimilikinya.

“KPU menjaga sistem kita aman. Orang kan mau nyerang kan datang terus, tapi kita berupaya membentengi supaya tetap aman. Sampai sekarang web kita kan. Meski ada yang nyerang stop dulu bentar, tapi semua bisa digunakan,” ungkap Arief di hotel Sultan, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Arief Mengungkapkan, sistem KPU yang pernah diretas di antaranya sistem data pemilih (Sidalih) dan sistem penghitungan (Situng). “Kalau orangnya sudah ditangkap, Anda bisa identifikasikan siapa dia, dari mana, motifnya apa,” ucapnya.

Meski demikian, Arief enggan mengungkapkan darimana saja asal peretas tersebut. Pasalnya, sebelumnya beredar kabar terkait serangan peretas asal China dan Rusia.

“Kalau nyerang ke web kita itu memang ada terus. Itu bisa datang dari mana-mana. Kalau dilihat dari IP addressnya itu datang dari dalam negeri dan luar negeri. Saya pikir enggak perlu saya sebut nama negaranya, kecuali kita sudah nangkep baru boleh disebut,” terangnya.

Lalu, seperti apa harapan Arief terkait kemunculan peretas yang berpotensi mengganggu proses tahapan pemilu tersebut? “Semoga para hacker sadar dan masuk waktu pemilu ngga ganggu lagi,” demikian Arief. [tsr]



Reporter  : Gomes Roberto   
Editor       : Tangguh Sipria Riang
Berita Terbaru lainnya