-- advertise --

Nelayan Palangkaraya Jaring Macan Dahan Usai Memangsa Kucing

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Palangkaraya – Seekor Macan Dahan (Clouded Leopard) ditangkap warga Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (19/2/2019). Butuh waktu dua jam dan melibatkan 30 warga untuk menangkap macan berjenis kelamin laki-laki itu menggunakan jala ikan.

“Usai memakan seekor kucing di depan rumah Pak Sahrun, kami (warga) langsung mengepung untuk menangkapnya,” kata Ahmad (30), salah satu warga yang ikut menangkap hewan dilindungi tersebut.

Penangkapan satwa langka tersebut terpaksa dilakukan warga. Pasalnya, warga khawatir hewan tersebut akan memangsa anak-anak yang bermukim di daerah setempat.

Macan Dahan (Clouded Leopard) ditangkap whasil tangkapan warga Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Net)

“Sepertinya Macan Dahan ini muncul dari hutan yang berada di belakang rumah Pak Sahrun. Beberapa hari sebelumnya satwa tersebut tidak pernah menampakkan diri di komplek pemukiman kami. Baru kali ini saja ia muncul,” terang lelaki yang bekerja sebagai nelayan itu.

Sementara itu, Lurah Pahandut Seberang, Balap menjelaskan kronologis kemunculan macan. Menurutnya, macan itu pertama kali terlihat warga di kawasan Jalan Wisata II sekira pukul 09.00 WIB. Warga pun berinisiatip untuk melakukan penangkapan menggunakan jala ikan.

Usai menerima laporan tersebut, Balap bersama Babimkamtibmas dan Babinsa langsung menuju lokasi penangkapan macan. Balap juga sempat menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Damkar Kota Palangkaraya. Namun yang datang justru pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota setempat.

Kondisi Macan Dahan (Clouded Leopard) usai tertangkap warga. (Net)

“Takut satwa tersebut kenapa-kenapa, dengan menggunakan mobil pribadi saya, satwa tersebut langsung dievakuasi menuju kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng untuk diserahkan,” tutur Balap.

Balap menambahkan, tidak ada warga yang terluka saat proses penangkapan satwa tersebut. “Proses penangkapan (Macan Dahan) aman dan tidak ada warga yang menjadi korban,” demikian Balap. [tsr]



Reporter  :   
Editor       :
Berita Terbaru lainnya