-- advertise --

Soal Kotak Suara Penyok, Ketua KPU Salahkan Bencana Alam

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Jakarta – Ketua KPU RI, Arief Budiman akan segera menindaklanjuti hasil inspeksi mendadak (sidak) Bawaslu Jawa Barat (Jabar), Kamis (31/1/2019) kemarin. Khususnya, terkait kualitas kotak suara penyok di gudang logistik KPUD Kabupaten Subang. “Ya nanti kita cek dulu,” kata Arief kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Terkait kondisi kotak suara penyok di KPUD Subang, Arief menduga ada sejumlah faktor yang menyebabkan kondisinya kurang baik. Sehingga, berimbas pada kualitas kotak suara.

“Ya, tentu kondisinya memang sebagaimana yang harus kita tentukan. Kalau ternyata di beberapa tempat ada bencana alam, kayak banjir, ya tentu kondisinya (kotak suara) sudah berubah,” terang komisioner KPU dua periode tersebut.

Kotak suara penyok setelah diduduki Ketua Bawaslu Jawa Barat, Wasikin di KPUD Subang. (Ist)

Arief menambahkan, kotak suara yang rusak tetap akan diganti sesuai dengan kebutuhan masing-masing KPUD. “Kalau rusak ganti, kalau enggak rusak ya nggak usah diganti,” pungkasnya.

Menurut Arief, seluruh kotak suara untuk Pemilu 2019 diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. Bahkan, telah melalui sejumlah pengujian dan kelaikan paskaproduksi.

“Yang jelas kotak suara itu sebelum diproduksi, spesifikasinya sudah dicek. Sudah diperhitungkan bahwa dia akan mampu menjalankan fungsi sebagai kotak suara. Jadi bukan sebagai barang angkut lain-lain, tapi menjalankan fungsi sebagai kotak suara,” paparnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Ketua Bawaslu Jabar melakukan sidak ke KPUD Kabupaten Subang, Kamis (31/1/2019). Dalam sidak tersebut, Ketua Bawaslu Jabar, Wasikin menguji coba ketahanan kotak suara dengan cara duduk di atasnya.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Wasikin, uji coba duduk di atas kotak suara. (Ist)

Hasilnya, kotak suara penyok hingga Wasikin jeblos ke dalamnya. Padahal, tes seperti itu pernah dilakukan Ketua KPU RI, Arief Budiman di depan wartawan beberapa waktu lalu. Namun, saat diduduki Arief kotak suara tidak penyok sedikit pun.

Selain melakukan tes ketahanan kotak suara, Wasikin juga melaporkan temuan terkait amplop polos dalam sidaknya. “Setelah duduk di kotak dan mlesek (jeblos), Abah (Wasikin) menemukan amplop coklat yang dibolak-balik, polos ngga ada tulisannya,” ungkap Wasikin. (tsr)



Reporter  :   
Editor       :
Berita Terbaru lainnya