-- advertise --

Segel Kotak Suara Pemilu 2019 Kualitas Rendah

0

-- advertise --

RAGAMPOST.COM, Jakarta – Bawaslu RI menerima laporan dari jajarannya di Jawa Barat (Jabar). Khususnya, terkait kualitas segel kotak suara untuk Pemilu 2019. Hasil inspeksi mendadak (sidak) Bawaslu Jabar, kualitas segel kotak suara saat ini, lebih rendah dibanding Pemilu 2014.

“Nah yang tadi disampaikan ditemukan teman-teman (Bawaslu) Jabar. Memang kita minta sidak di beberapa tempat penyimpanan logistik. Terkait segel, sementara ini kata teman-teman Jabar, kualitasnya lebih bagus yang dulu,” kata Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin kepada wartawan di gedung Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Selain itu, Bawaslu Jabar juga melaporkan terkait kondisi kotak suara penyok hasil sidak yang sama. Saat melakukan sidak di KPUD Kabupaten Subang, terang Afif, tim Bawaslu Jabar mengambil kotak suara secara acak di gudang logistik.

Kemudian dilakukan uji ketahanan terhadap salah satu kotak sampel dengan cara mendudukinya. Namun, kotak tersebut penyok saat diduduki. Pihak Bawaslu Jabar pun langsung melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu RI di Jakarta. “Kemarin (Rabu) ngomongnya. Kemarin ke tempat kotak,” lanjut Afif.

Afif mengungkapkan, kerusakan kotak suara tersebut diduga akibat kelembaban di gudang logistik KPU Jabar. Dugaan sementara, faktor kelembaban tersebut berpengaruh besar terhadap daya tahan kotak suara.

“Mereka (Bawaslu Jabar) sidak ke tempat penyimpanan kotak suara. Mengawasi logistik lah ya. Terus seperti biasanya lah, coba didudukin. Menurut informasi tadi dari korlap pengawasannya kelihatannya kelembabannya berbeda dibandingkan saat kotak baru datang,” papar Afif.

Bawaslu sendiri telah mengingatkan KPU sejak lama terkait logistik penyimpanan dan kualitas logistik Pemilu. Berdasarkan hasil temuan kerusakan kotak suara dan buruknya kualitas segel di Jabar, Bawaslu RI memerintahkan seluruh jajarannya di daerah untuk melakkan pengecekan di semua gudang logistik KPUD setempat.

“Termasuk surat suara, minggu depan jajaran kita akan masuk ke percetakan yang memenangkan tender,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Jabar melakukan sidak ke KPUD Kabupaten Subang, Kamis (31/1/2019). Dalam sidak tersebut, Ketua Bawaslu Jabar, Wasikin menguji coba ketahanan kotak suara dengan cara duduk di atasnya.

Hasilnya, kotak suara penyok hingga Wasikin jeblos ke dalamnya. Padahal, tes seperti itu pernah dilakukan Ketua KPU RI, Arief Budiman di depan wartawan beberapa waktu lalu. Namun, saat diduduki Arief kotak suara tidak penyok sedikit pun.

Selain melakukan tes ketahanan kotak suara, Wasikin juga melaporkan temuan terkait amplop polos dalam sidaknya. “Setelah duduk di kotak dan mlesek (jeblos), Abah (Wasikin) menemukan amplop coklat yang dibolak-balik, polos ngga ada tulisannya,” demikian Wasikin. (tsr)



Reporter  :   
Editor       :
Berita Terbaru lainnya