-- advertise --

Danau Picung Lebong Memiliki Ciri Khas tersendiri

1

-- advertise --

Lebong adalah salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Bengkulu tepatnya di bagian sumatera yang mana lebong memiliki sebuah danau nan cantik dan ramai dikunjungi oleh pengunjung di setiap pekan.

Banyak sekali wisatawan berkunjung ke danau ini karena memiliki khas tersendiri, dari namanya saja sudah khas, danau picung karena bentuk danau ini sangat berkelok/ miring dan di tengah danau terdapat pulau kecil yang berisikan pepohonan dan sejenis hewan burung.

Pertama kali saya mengunjungi danau ini sangat terasa jauh ketika ingin kesini tetapi setelah berada disini semua rasa lelah terhapuskan karena terlihatnya pemandangan yang asri. Semakin hari danau ini selalu di renovasi agar lebih terupdate setiap tahunnya agar pengunjung lebih ramai berdatangan kesini.

Danau Picung

Pembangunan danau picung dilaksanakan oleh pemerintah kolonial Belanda pada saat itu danau picung sebagai sumber air untuk memutar kincir pengolahan emas di tambang emas kawasan Lebong. Awalnya Danau Picung memiliki luas 500 Hektar (Ha) saat dibangun oleh kolonial Belanda. Tetapi saat ini sudah menyusut menjadi 200 Ha.

Pada mulanya danau ini terbentuk dari bekas galian-galian jaman Belanda, tempat memutar kincir pengolahan emas di Lebong, Tambang ini menyimpan sejarah tentang awal mula Kabupaten Lebong yang merupakan daerah tua yang memiliki banyak kekayaan alam terutama tambang emas.

Banyak konstribusi yang diberikan oleh wilayah ini saat masa revolusi dulu. Salah satunya dalam pembangunan Monumen Nasional, atau yang dikenal dengan nama Monas di DKI Jakarta. Pada puncaknya terdapat emas. Menurut sejarah sebagian emas tersebut dari lokasi ini.

Penulis saat mengunjungi Danau Picung

Objek wisata yang berada di Desa Tanjung Agung Kecamatan Pelabai atau tepatnya berada persis di belakang rumah dinas Bupati Lebong ini memiliki keasrian dan kealamian yang tak tertandingi. Apalagi jika pengunjung menyempatkan diri untuk melihat lembayung di danau ini saat fajar menyingsing dan senja menjelang. Terutama,  tekstur lokasi Danau Picung yang dikelilingi oleh perbukitan tinggi ini membuat para wisatawan bisa menghirup udara segar dan sangat cocok untuk tempat rekreasi keluarga.

Ada beberapa Fasilitas wisata yang ditawarkan di lokasi ini yaitu berupa keliling danau menggunakan perahu dengan harga yang relatif murah serta sajian makanan penggugah selera dengan harga terjangkau. Saat ini Danau Picung merupakan salah satu tujuan lokasi favorit bila dikunjungi bersama keluarga.

Saat anda berada di Kabupaten Lebong anda harus menyempatkan diri mampir di Danau Picung ini. Danau Picung ini bisa diakses dari Ibukota Provinsi Bengkulu sekitar 4-5 jam perjalanan darat melalui Jalan Lintas Curup-Muara Aman atau melalui Jalan Lintas Argamakmur-Muara Aman selama 3-4 jam saja.(septria)



Reporter  :   
Editor       :
Berita Terbaru lainnya